Senin, Mei 26, 2008

Japanese Cheese Cake (JCC)




JCC yang tenar di milis... setelah percobaan yang ketiga kali..akhirnya JCC mendekati sukses...

karena yang ini bener-bener ngikutin resep, dipakein parutan kulit jeruk lemon, kocokan putih telurnya dikucurin air jeruk lemon... jadilah JCC beneran... biasanya abal-abal
JCC hari ini ga pake toping selai apricot,,, stok di lemari kosong... walopun ga pake toping.. ga sampe satu jam cake abis...

Udah coba posting JCC ini dari hari kemarin,,, tapi ada masalah dalam up load foto.. kenapa yah gagal maning.. gagal maning..

Akhirnya... berhasil.. berhasil... up load foto..

Ada tips sangat berguna yang saya lupa dari mana asalnya.. selama ini kalo bikin JCC pake cream cheese Yummi,, ternyata yummi tuh lebih encer jadi kudu ditambahin 10 gr masing-masing untuk Tepung Terigu dan Maizena

Japanese Cheese Cake
Sumber: 35 Variasi resep-resep Cheese Cake Yasa Boga

Campur dan ayak:
50 gr tepung terigu serba guna
50 gr tepung maizena
masing-masing + 10 gr kalau pake cream cheese Yummi.

Bahan:
60 gr mentega
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml Whip cream
3 kuning telur
1 butir telur
2 sdt kulit jeruk lemon parut
5 putih telur
125 gr gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon

Topping:
2 sdm selai Apricot
2 sdm air

Cara Membuat:

1. Siapkan loyang, alasi kertas roti, olesi mentega. Pasang oven 150 derajat celcius.

2. Campurkan mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.

3. Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.

4. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit-sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).

5. Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata. Tuang adonan ini ke loyang, panggang dengan cara au bain marie kurleb 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.

6. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan selai apricot dan air, oleskan ke permukaan cheese cake.

Tidak ada komentar: