Senin, Mei 19, 2008

curhat alergi 1


Di dalam tulisan sblm ini reasy tulis kalo Alergi jadi "musuh dalam selimut" yang membuat hari-hari bersama Mahant jadi menakutkan.


Kesannya Lebaii banget yah... he he he


Memang dibuat agak berlebihan biar pada tertarik baca tentang alergi.


Hamil, melahirkan, dan hari-hari penuh kejutan dalam pengasuhan bayi (Mahant Easy Prasetio).

Ikut seminar ASI Ekslusif diusia kehamilan 6 bulan, membuat Mama yakin bisa memberikan ASI Eksklusif sambil menjalankan pekerjaan di kantor.


Bulan Pertama; kenapa yah bayiku selalu menangis keras ketika bangun dari tidur?

Oh, mungkin dia mau pipis.... ada baiknya sih, Mahant jadi jarang ngompol krn Nini slalu biasakan stiap Mahant bangun dan nangis kenceng lsg dibawa ke kamar mandi untuk ditatur.


kenapa yah kok di pipi Mahant ada noda-noda merah (rash)? yang jawabannya setiap ditanyakan ke orang tua pasti karena kecipratan ASI,, masa sih.. kan setiap abis menyusui lsg dilap pake air anget????
Kenapa Sering Cegukan?
Dan banyak lagi pertanyaan yang bikin Mama bingung harus cari pencerahan kemana,,,
Bulan Kedua, Ketiga, Keempat, menurut Mama normal, Mahant menunjukkan kemampuan motorik Kasar yang sesuai dengan usianya. <Tapi pertahanan Mama kendor, Mama mulai mengijinkan untuk memberi Makanan padat untuk Mahant.>
Bulan kelima atau keenam,, kok ada anak yang udah bisa onggong-onggong bahkan duduk,,, Mahant knp belom bisa yah?? jawabannya kan setiap anak tuh beda-beda perkembangannya,, masa sih???
Bulan ketujuh,,, Mahant punya GIGI.... tapi ternyata itu awal dari hari-hari yang menakutkan bersama Mahant. Bulan kedelapan gigi bertambah... dan Mahant jadi "monster" yang selalu mengakhiri ritual menyusui dengan gigitan yang berujung pada lukanya puting PD (payudara) Mama.
Terus dan terus... menyusui dan digigit..luka yang belum kering kembali kena gigitan... sering Mama ngga kuat nahan perih... Mama jadi takut untuk menyusui Mahant... tapi ga ada niatan untuk menyapih... Mama harus cari jawaban untuk Gigitan ini!!!!
Termasuk mencari jawaban kenapa sampai umur 10 bulan Mahant belum juga Merangkak???
kenapa Mahant punya emosi yg buruk,, bosenan,,, cengeng,,, tidur yang selalu tengah malem, tidur siang yang singkat (cape ngelonin aja, tidur ga smp setengah jam)... kenapa Mahant dari bayi sering sekali Batuk-Pilek-Panas??? dan bodohnya Mama selalu dengan bangganya bawa dia ke dokter spesialis anak terdekat dan menebus semua obat yang diresepkan.
Masuk usia 1 tahun, Mahant belum mau belajar jalan sendiri, maunya jalan/lari sambil dipegang tangannya. Hampir semua orang anggap ini hal biasa,,, karena tiap anak tuh berbeda kemampuannya... tapi Mama pernah baca di blog seorang Indonesia yang tinggal di Jerman, bahwa disana bayi usia 3 bulan belum mampu mengangkat kepala harus diterapi... berarti tumbuh kembang tiap anak harusnya normal sesuai umurnya... tapi kenapa Mahant lambat???
Search di google untuk kata kunci "kebiasaan menggigit" jawabanya hampir semua karena mau tumbuh gigi. Masa sih mau tumbuh gigi ekstrim banget ngegigitnya,,, sampe bukan hanya PD yg luka tapi lengan, pundak, paha abis BIRU-BIRU.
diteliti satu-persatu dapat pencerahan dari blog Dokter Widodo Judarwanto,, mama mulai yakin ada penyebab lain selain tumbuh gigi. Mama mulai pelajari satu per satu artikel disana, susah lho yakinin org sekitar kalo ada gangguan pada Mahant. Mereka pikir Mama berlebihan!!!
Belom sampe bawa Mahant utk periksa ke dr. Widodo,, Mahant sakit, kali ini sakitnya agak parah karena dicurigai DBD atau DHF,, sampe pada pemeriksaan trombosit ke dua kalinya Mahant harus nginep di RS... Mama panik dan membiarkan Mahant dipasang infus (sekali lagi ini keputusan yang terburu-buru,,, andaikan milis SEHAT sudah jadi "sahabat" Mama, ga akan Mama biarin nginep)
Di RS,,, emosi Mahant kacau banget. Dia sama sekali ga mau masuk ruangan, nangis sekenceng-kencengnya sampe jadi pusat perhatian. Mama dan Daddy pikir ini biasa krn hari pertama,, masih asing,, sampe agak siang,, Mahant mulai mau masuk ke ruangan, tapi ga boleh ada kesalahan sedikit aja dia lsg gigit pundak atau lengan Mama...
Anak-anak yang lain dalam keadaan sakit mereka lemes, tidur, paling kalopun ada yang diluar (selasar) mereka jalan tapi masih keliatan kalo lg sakit... lemes. Beda nih sama anak gue... dalam tangan terinfus dia ga mau tidur, atau paling ga duduk di atas tempat tidurnya, agak tenang kalo diajak jalan-jalan di selasar sambil dorong-dorong tiang infus. Mama berharap cepet-cepet malem spy Mahant tidur,,, ternyata ga gampang,,, Mahant emg bisa tidur dimalem pertama di RS tapi puting ga boleh lepas dari mulutnya,, kalo sempet lepas dan dia sadar,, dia nangis dan pasti akan menggigit.
Hari Kedua,,, mulai banyak temen dan sodara yang jenguk. Lengan Mama jadi pusat perhatian,, Lebam.. lebam.. Akhirnya Malam kedua,,, si Daddy berani buka suara, dia merasa ga tahan dengan kelakukan Mahant yang bener-bener jadi "monster" di RS. Sampe minta obat penenang segala ke suster.... ga dikasih malah dijudesin... dianggapnya kami berlebihan ga bisa bikin anak tenang... malah minta obat penenang...
Akhirnya dengan tekad bulat,,, daddy menandatangani pernyataan keluar paksa dari RS... supaya Mahant tenang..... nyata lho Mahant langsung tenang begitu kami bilang Mau pulang dari RS. Di perjalanan tenang,,, mau nyusu dgn tenang,, mau tidur dengan tenang.... Maaf yah Nak,, Mama sama Daddy ga pinter,,, sampe bikin kamu trauma.

1 komentar:

yusringadi mengatakan...

Saya juga Alergi terhadap debu, semua obat sampai rebusan tradisional sudah dicoba kurang mempan, akhirnya dicoba dengan seperempat butir tablet LAMESON,lumayan bisa membantu,tetapi kalo balita dulu putra kami dibawa ke Dr. Indrajana Jl Tanah Abang I, Jakarta Pusat,