Jumat, Juni 06, 2008

LAPIS KOPI KUKUS


Jam 22.00 Mahant udah tidur,, secara sdh terbiasa tidur tengah malam.. rasanya ada yang aneh kalo tidur cepet.. udah gitu lagi "nagih",, badan rasanya dingin-dingin kalo dalam satu minggu ga bikin kue.

Pilihan jatuh pada salah satu resep di Tabloid Saji, yang gampang, ga butuh banyak telur, ga pake manggang, dan semua bahan ada di dapur, tapi ga semuanya ada denk,,, dimodif sedikit deh!

diresep pake 100 gr gula merah, 25 gr gula pasir,,, saya balik jadi 25 gr gula merah, 100 gr gula pasir (males nyisir gula merah yang membatu krn disimpan di lemari es)

diresep pake 100 gr santal kental instan,,, saya ganti pake 100 gr Whip Cream (krn bikinnya udah malem jadi ga bisa cari santan ke warung, pake yang ada aja)

Tapi hasilnya Ok banget,, bolehlah untuk alternatif suguhan arisan (arisan dmn jeng?? gue tidak pernah terdaftar di dlm kumpulan arisan manapun)

Susah yah jadi ibu menyusui,, adonan udah kental berjejak,, Mahant nangis,, netein dulu
udah selesai, campur-campur bahan masukkin 1/4 adonan ke loyang, masukin ke kukusan (pake langseng bulet),, Mahant nangis lagi,, netein lagi,,, harap-harap cemas Mahant segera melepas isapannya karena lapisan pertama pasti udah mateng... yup selesai, tabur meises tiban dgn lapis kedua...dan seterusnya.. dengan terpaksa mengorbankan tidurnya Mahant.. karena ga ada Daddy disampingnya jadi ga bisa tidur kalo mamanya juga ga ada... "yat mama,, yat mama (baca: lihat Mama)..




Resep Lapis Kopi Kukus
sumber: Tabloid Saji

Bahan:
4 butir telur
100 gr gula merah disir halus
25 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
75 gr tepung beras
50 gr terigu protein sedang
100 gr santan kental instan panas dan
1/2 sdm kopi instan dilarutkan, dinginkan
1 sdm minyak goreng
60 gr meises coklat untuk pelapis

Cara Membuat:
1. Kocok telur, gula merah, gula pasir dan emulsifier sampai kental.

2. Tambahkan tepung beras dan terigu sambil diayak dan diaduk rata

3. Masukkan larutan santan, kopi, dan minyak goreng sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan

4. Ambil 1/4 adonan. Tuang di loyang 24x10x7 cm yang dialas. Kukus 5 menit. Tabur Meises. Tuang lagi adonan. Kukus 5 menit. lakukan sampai adonan habis. Kukus 15 menit sampai matang.

Tidak ada komentar: