Kamis, November 20, 2008

Alergi,, alergi,, dan alergi

di Milis tentang kesehatan dan anak,, sering banget ada yang tanya;

- Kenapa batuk-pilek anak saya ngga sembuh-sembuh?? (eits,, awas antibiotik,, dan jgn lsg test mantoux)

- Kok anak saya susah makan? (eits,, pediasure bukan jawabannya lho!!!)

- Berat Badan anak saya kurang nih.. (eits... vitamin tidak selalu membantu)

- Kok sampe umur 17 bulan, anak saya belum bisa berjalan? (bukan karena males, bu!!!)

- Gangguan tidur, tidurnya larut, sering menjerit/nangis spt mimpi buruk, dll. (bukan juga karena kecapean, bu!!)

- Kenapa anak saya suka menggigit? (bukan selalu krn mau tumbuh gigi...)

- Kenapa di belakang telinga ada benjolan?



Jadi apa donk jawabannya!!!!

mau ikutan sharing atau kasih masukkan tapi masih merasa kurang referensi. Tapi kalo diem aja, merasa berdosa!

Untuk bapak-bapak dan ibu-ibu yang punya pertanyaan seperti diatas jangan merasa sedih, anda tidak sendiri,, saya adalah salah satu ibu yang dulunya punya pertanyaan seperti itu.

untuk point pertama diatas,

saya hampir jadi langganan Dokter Spesialis Anak di RS. Pasar Rebo dan RS. Pondok Indah,, dengan frekuensi kedatangan hampir satu bulan sekali, berujung dengan terapi inhalasi dan resep antibiotik (untuk antibiotik ga pernah saya tebus). Sampe-sampe karena keseringan ijin dari kantor dengan alasan nganterin anak untuk inhalasi... si Daddy dihadiahi Nebulizer sama bosnya... makasih Pak!!

Untuk point kedua,,

sebetulnya ga ada masalah pada mahant,, makannya doyan,, tapi ada reaksi alergi utk beberapa jenis makanan.


Untuk Point Ketiga,,,

ga ada masalah juga,, tapi kurang seger ajah karena sering sakit.


Untuk Point keempat,,

Mahant baru bisa jalan pas umur 17 bulan


untuk yang seterusnya,,,
semuanya ada pada Mahant,,, sampe merasa perlu browsing untuk cari penyebabnya..


dan jawabnya adalah: Alergi atau Pencernaan Sensitif sehingga mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Alergi ngga ada obatnya,, harus dicari alergennya dan dihindari sebisa mungkin... insyaallah semua pertanyaan diatas akan segera terjawab.

Mau tau harus dateng kemana untuk dapet pencerahan???

Saya ngga kasih tau disini yah,, takut dikira promosi salah satu RS dan satu nama dokter.
Jadi untuk yang perlu pencerahan bisa japri atau tinggalin pesan di shout box nanti aku kasih tau harus kemana...

secara selama ini anakku sudah jadi pasien di RS itu dan dengan dokter yang memang kompeten utk masalah seperti itu, dengan pengobatan yang manusiawi, tanpa rangkaian test yang menyakitkan, melelahkan, dan membuat tagihan kartu kredit membengkak.

Alhamdulillah, setelah dapet pencerahan dari dokter dan menghindari alergen dan sedikit obat untuk pencernaan, Mahant bisa berjalan, ga pernah lagi inhalasi, berat badan baik berlebih malah (yg ini karena rakus), ga pernah gigit, tidur mulai teratur.

Yah, memang harus ketat dalam menghindari alergen, karena salah sedikit aja,, kembali menggigit, tidur ga tenang,, ogohan/merengek.

Tidak ada komentar: